Journal History

Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP). Jurnal ini terbit 4x setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Jurnal ini mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari skripsi mahasiswa S1 akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP).

Jurnal ini dibuat untuk merespon Surat Edaran Kemenristek Dikti tahun 2019, bahwa mahasiswa S1 wajib mempublikasikan artikel skripsi mereka sebelum mendaftar wisuda. Dalam hal ini, topik penelitian yang dapat dipublikasikan pada Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA) meliputi riset-riset kuantitatif maupun kualitatif pada akuntansi keuangan dan pasar modal, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, pemeriksaan akuntansi (auditing), sistem informasi akuntansi, perpajakan, akuntansi syariah, serta pendidikan akuntansi.

Edisi perdana jurnal eksplorasi akuntansi terbit bulan Februari 2019 (Vol 1, No 1, 2019). Terhitung mulai edisi Maret 2021 (Vol 3, No 1, 2021),  dewan redaksi juga membuka kesempatan   mahasiswa PTN/PTS di luar jurusan akuntansi Fakutas Ekonomi UNP, mengirimkan naskah artikel skripsi untuk dipublikasikan pada Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA).